Sambut Hari Jadi Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono Buka Secara Resmi Festival Meriam Karbit

 Sonora Pontianak,  16-10-2018 21:34:57

  

Plt Wali Kota pontinak Edi Rusdi Kamptono saat membuka festival meriam karbit selasa (16/08/18)

Pontianak,SNR –  Menyambut perayaan hari jadi kota pontianak ke -247 Festival meriam karbit kembali digelar.

festival tersebut sejatinya sudah menjadi agenda tahunan pada setiap perayaan hari jadi kota pontianak.

Pelaksana tugas (Plt) Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, pada selasa (16/08/18) sore membuka secara resmi Festival meriam karbit tersebut.

“kita pada sore hari ini membuka festival meriam karbit khusus siswa SMA se – kota pontianak kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun dalam rangkaian HUT kota pontianak tujuannya adalah untuk melestariakan budaya permainan meriam karbit dikota pontianak yang merupakan budaya atau permainan khas kota pontianak” jelasnya.

Kegiatan dipusatkan di pinggir sungai Kapuas Jl. Yusuf Karim Kelurahan banjar serasan,Pontianak Timur.

Selain itu Edi Rusdi Kamtono juga mengatakan meriam karbit ini juga biasa dimainkan menjelang perayaan Idul Fitri mulai dari malam takbiran hingga esok harinya.

“biasanya dimainkan pada saat menjelang dan sesudah Idul Fitri, mulai dari malam sampai kebesoknya dan kalau malam Idul Fitri itu biasanya sampai ratusan kelompok meriam karbit yang memainkan” tambahnya.

Festival meriam karbit ini diharapkan menjadi pembelajaran bagi para generasi muda agar dapat dilestarikan sehingga tidak akan hilang terkuras oleh zaman.

Dilokasi yang sama saat disinggung mengenai penambahan permainan meriam karbit kedalam pembelajaran muatan lokal di sekolah, Edy sangat mendung jika meriam karbit dimasukan kedalam pelajaran muatan lokal.

“bisa saya rasa ini bisa dijadikan muatan lokal tentang sejarah kota pontianak, jadi untuk generasi muda sekarang ini bisa memahami dan memaknai filosifi permainan meriam karbit” tambahnya.

 

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN