Dukung Program Konversi BBM ke BBG Bagi Nelayan Kecil,Pertamina Akan Buka Pangkalan LPG Khusus Nelayan

 Sonora Pontianak,  22-10-2018 17:58:05

  

Sandy Rhardian, Sales Executive Elpiji PT Pertamina Pontianak

Singkawang, SNR –  Dalam upaya mendukung Konversi kit BBM ke BBG yang merupakan program kemitraan kementrian ESDM,komisi VII DPR-RI dan Pertamina wilayah Kalimantan Barat, dalam ruang lingkup pertamina sebagai penyuplai kebutuhan bahan bakar, pertamina akan memberikan kemudahan bagi para nelayan untuk mendapatkan bahan bakar gas LPG 3kg.

Sales Executive Elpiji PT Pertamina Pontianak, Sandy Rahadian mengatakan, dengan program konversi elpiji, maka bisa melakukan penghematan operasional para nelayan kecil menjadi salah satu alasan pelaksanaan program yang mulai dijalankan di Pulau Kalimantan sejak September 2018 tersebut.

Ia jelaskan dukungan Pertamina terhadap program ini adalah terkait penugasan yang diberikan pemerintah yang tertuang dalam Surat Keputusan Menteri ESDM Nomor 294 K/10/MEM/2018.

Lebih lanjut, dijelaskannya sesuai Perpres No.126 Tahun 2015 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Penetapan Harga LPG untuk Kapal Perikanan bagi Nelayan Kecil, kriteria nelayan yang mendapatkan paket konverter kit BBM ke BBG antara lain nelayan yang memiliki kapal ukuran di bawah 5 Gross Tonnage (GT), berbahan bakar bensin atau solar dan memiliki daya mesin di bawah 13 Horse Power (HP).

Sandy Rhardian juga mengatakan kedepannya untuk kebutuhan refill BBG tersebut pertamina juga akan membuka pangkalan pengisian BBG khusus untuk nelayan.

“jadi setelah pendirtibusian paket perdana untuk nelayan ini, nanti kedepanya untuk refilnya atau pmbelian isi ulangnya kita nanti akan mendirikan pangkalan khusus nelayan jadi tujuannya itu adalah kepastian stock jadi merekapun tidak perluh jauh – jauh kepangkalan yang rumah tangga seperti itu,terangnya”.

Sementara pangkalan khusus nelayan tersebut hanya melayani para nelayan saja dan tidak diperuntukan bagi masyarakat umum,nelayan harus membawa dan menujukan kartu nelayan ketika akan melakun pengisian ulang BBG di panggakan khusus nelayan tersebut.

‘’jadi teknisnya pangkalan nelayan itu menyiapkan stock untuk para nelayan kita verifikasi dari kartu nelayannya karanakan kita sudah tau siapa yang menerima jadi tinggal memverifikasi saja tinggal menggambilah, mengambil dalam arti membeli yah seperti itu, jelas Sandy.

 

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN