BBC Angkat Wisata Kuliner Khas Pontianak,Bubur Ikan Siap Pecahkan Rekor

 Sonora Pontianak,  19-10-2018 12:56:46

  

Pontianak, SNR – Pemecahan rekor 1.000 bubur ikan sebagai bubur ikan terbanyak dari Orignal Rekor Indonesia (ORI), akan memeriah perayaan HUT ke 247 Kota Pontianak. Pemecahan rekor ini akan digelar Borneo Brother Chef (BBC) pada Minggu (21/10/2018), di area Car Free Day (CFD), tepatnya di depan Masjid Raya Mujahidin.

Chef R Dinar Komara, Ketua BBC, menjelaskan, pihaknya memilih bubur ikan, karena dinilai simpel cara pembuatannya, dan merupakan makanan khas Pontianak. “Di luar kita tidak temukan itu. Karena niat kami ingin mengangkat makanan khas Pontianak, agar dikenal oleh masyarakat di luar Kalbar,” kata Dinar, dalam keterangan resminya yang disampaikan, Jumat (19/10/2018).

Dia menambahkan, sebenarnya banyak makanan khas Pontianak lainnya, namun masih memiliki kemiripan dengan daerah lain.”Kalau kita angkat asam pedas, di Sambas pun ada asam pedas. Kalau kita angkat kue, di luar juga banyak kue yang sama, dengan beda nama, makanya kita pilih bubur ikan,” paparnya.

Dinar mengaku, awalnya sempat ada yang mengajukan saprahan terpanjang. “Namun, masukan dari Bapak Wali Kota Pontianak, Edy Kamtono, saprahan selayaknya disajikan dalam satu paket utuh. Tidak hanya makanannya, tetapi juga budaya yang terkandung di dalamnya. Belum lagi peralatan yang harus kami sediakan,” ungkapnya.

Untuk menyediakan 1.000 porsi bubur ikan tersebut, kata Dinar, pihaknya menyiapkan 200 kilogram beras dan 100 kilogram ikan. “Untuk ikan, kami juga menggunakan ikan lokal, seperti patin, yang akan kami pisahkan dari kulit dan tulangnya,” tambah Dinar.

Pembuatan bubur ikan ini, sepenuhnya akan dimasak oleh chef-chef lokal. Dari sekitar 60an anggota BBC, 40 di antaranya dipastikan akan terlibat dalam kegiatan ini. “Ini kreasi chef lokal Pontianak, dan halal. Karena ini adalah kreasi lokal,” tegasnya.

Rencananya nanti, setelah dihidangkan, ORI akan melakukan penilaian dan penghitungan. “Setelah itu, bubur ikan ini bisa dinikmati sama-sama oleh masyarakat Pontianak. Pak Wali Kota juga nanti direncanakan juga akan hadir bersama-sama masyarakat untuk menikmati bubur ikan terbanyak ini,” ungkapnya.

Dinar mengajak masyarakat Kota Pontianak untuk meramai-ramai datang ke CFD pekan ini, untuk menyaksikan pemecahan rekor bubur ikan terbanyak, sekaligus menikmatinya.

Duta Kuliner

Pada kesempatan itu, Dinar juga kan diangkat sebagai Duta Kuliner Kalimantan. “Kebetulan, Duta Kuliner Kalimanta belum ada, jadi rencananya, pada k